Tiga Rumah Kontrakan di Depok Ludes Terbakar Usai Bunyi Ledakan

Tiga Rumah Kontrakan di Depok Ludes Terbakar
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Tiga rumah kontrakan di Jalan Kramat Asem, RT 3/14, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, ludes terbakar pada Minggu 17 Maret 2019. Sejumlah saksi mengaku, sempat mendengar bunyi ledakan yang cukup keras sesaat sebelum api melumat ketiga bangunan tersebut.

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 11:30 WIB. Awalnya, api hanya berkobar di salah satu kontrakan yang dihuni oleh Asep, pedagang bubur. Namun tiba-tiba terdengar bunyi ledakan yang cukup keras hingga akhirnya merambat ke dua rumah kontrakan lainnya.

“Mulanya satu kontrakan, namun tidak lama kemudian api menyambar ke rumah kontrakan yang lain, yang berada persis di sebelahnya,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Gandara Budiana.

Dari hasil penyelidikan sementara, diduga sumber ledakan sekaligus penyebab kebakaran adalah tabung gas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun seluruh bangunan dan isinya ludes dilalap api.

“Alhamdulillah api sudah berhasil kami padamkan, sekarang lagi tahap pendinginan,” katanya.

Sementara itu, sejumlah penghuni kontrakan tersebut saat ini terpaksa mengungsi ke musala terdekat. Kasusnya dalam penyelidikan polisi.

“Saat ini tim masih mengumpulkan keterangan dan melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran itu. Dugaan sementara karena kebocoran tabung gas,” kata Kapolsek Pancoran Mas, Komisaris Ronny Wowor.

Ronny menambahkan, peristiwa itu kali pertama diketahui oleh seorang saksi bernama Mumun.

“Jadi saksi ini mendengar suara tetangga berteriak kebakaran. Saksi keluar kontrakan menyelamatkan diri dan meminta tolong warga. Saat ini kami juga sudah memasang garis pembatas (police line) untuk mengungkap peristiwa itu. Penyebab masih diselidiki, tapi kemungkinan dari ledakan tabung gas.”