Anies Mau Kepulauan Seribu Jadi Contoh Daerah Lain

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kepulauan Seribu, Jumat, 22 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau kepada Pemerintah Daerah untuk memikirkan pola interaksi dengan masyarakat. Imbauan itu salah satunya ditujukan kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Seribu, yang memiliki penyebaran daerah di 11 pulau.

"Distribusi penduduk Kepulauan Seribu itu, sebarannya cukup luas. Secara jumlah tidak banyak di mana-mana, tetapi setiap titik sebarannya luas. Jadi, kita perlu formulasi interaksi seperti apa," ujar Anies di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat 22 Maret 2019.

Anies juga mengimbau, agar Pemda Kepulauan Seribu memiliki program strategis yang perlu dikendalikan bersama dengan masyarakat. 

"Jakarta bisa menjadi contoh bahwa Kepulauan bisa dikelola, bisa dikembangkan dengan baik. Kalau Kepulauan Seribu ini pembangunan berjalan dengan baik, kita bisa sampaikan pesan untuk saudara di pulau yang jauh dari Ibu Kota," ujarnya. 

Diketahui, terdapat program strategis yang perlu diperhatikan bersama pihak terkait di Kabupaten Kepulauan Seribu. Program tersebut, yaitu pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Pulau Sebira, pembangunan Sistem Pengelolaan air Limbah Domestik di Pulau Kelapa Dua dan Pulau Sebira, penataan Kawasan Pulau Pramuka, penataan Kawasan Pulau Panggang dan Tidung Besar.

Adapun sejumlah program kegiatan pembangunan wilayah 2020, dilakukan agar selaras dengan kegiatan daerah lainnya. (asp)