Jakarta Barat Sering Kebakaran, Anies Minta Rumah Berisiko Diperiksa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Kota Jakarta Barat, di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa, 26 Maret 2019. 

Anies mengatakan, kebakaran sering sekali terjadi di Jakarta Barat. Ia meminta pemerintah kota untuk selalu waspada dan mencari jalan keluar untuk pencegahan kebakaran.

"Kami ingin melakukan proses pencegahan dengan memeriksa rumah-rumah di semua tempat yang punya risiko tinggi, dan yang punya risiko harus diintervensi untuk melakukan perbaikan, utamanya listrik dan kompor," ujar Anies.

Menurut Anies, pemerintah harus turut memberikan edukasi kepada warga. Sebab, warga masih belum terlalu paham mengenai munculnya risiko kebakaran. Terlebih lagi warga baru paham cara memasang jaringan listrik. 

Selain itu, warga juga harus diberikan edukasi mengenai penanggulangan bencana. Anies berharap, warga DKI dapat bergotong royong memadamkan api jika terjadi kebakaran, bukan hanya mengandalkan anggota pemadam kebakaran. 

"Pengaturan jaringan listrik yang baik bisa dikerjakan cepat. Kalau mau mengubah kampungnya perlu waktu panjang. Ini tidak bisa hanya bekerja mengirimkan pemadam kebakaran, pencegahannya harus dilakukan," ujar Anies. (dau)