Anies Mau Waduk Ciawi Segera Rampung untuk Kepentingan Jakarta

Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  sangat berharap jika pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi, di Bogor, Jawa Barat akan cepat rampung. 

Saat ini, pembangunan waduk tersebut sudah mencapai 30 persen. Dengan adanya waduk dapat mengurangi volume air yang masuk ke Jakarta. 

"Mudah-mudahan dengan tuntasnya tanggul yang sekarang dibangun di Bogor ada dua. Insya Allah ketika itu selesai akhir tahun ini maka volume air yang turun ke Jakarta akan turun 30 persen," ujar Anies di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Senin, 1 April 2019. 

Anies menjelaskan, saat ini penanganan dengan tanggul tidak efektif dalam mencegah banjir. "Dengan turun 30 persen maka proses retensi akan bisa lebih baik karena selama di sana tidak tertangani. Maka volume sebesar apapun akan selalu mengalami limpahan yang besar," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meninjau langsung perkembangan pembangunan bendungan Sukamahi dan Ciawi.

"Ini kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir yang ada di Jakarta. Kita bekerja di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang ini adalah Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi. Sudah dimulai, pembebasan lahan sudah 22 persen," ujar Presiden Jokowi.