DKI Dapat Rp571 Triliun, JK Minta Anies Buat Jakarta seperti Bangkok

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Heli Superpuma untuk meninjau titik kemacetan lalu lintas Jabodetabek di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setwapres

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Pemerintah Provinsi DKI, khususnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, membuat Jakarta serupa dengan sejumlah kota maju di ASEAN, seperti Bangkok, Thailand dan Kuala Lumpur, Malaysia dalam hal infrastruktur.

Dengan digelontorkannya anggaran besar Rp571 triliun untuk Jakarta dan kota-kota sekitarnya, menurut JK, sapaan Jusuf Kalla, membuat kawasan utama nasional itu harus memiliki infrastruktur yang mumpuni. "Jadi harus sama dengan Kuala Lumpur dan Bangkok," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Adapun infrastruktur yang dikembangkan, terutama terkait transportasi, perumahan, hingga penyediaan air minum serta kelistrikan untuk masyarakat. 

Menurut JK, proyek-proyek infrastruktur itu harus tuntas maksimal dalam waktu sepuluh tahun atau dua periode kepemimpinan gubernur Jakarta. "Kita ingin membangun Jakarta ini, sama (dalam hal kualitas infrastruktur) dengan negara-negara sekitar kita," ujar JK.

JK mengungkapkan, anggaran Rp571 triliun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan sebagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI. Mekanisme pembiayaan itu membuat anggaran pengembangan infrastruktur di Jakarta dan kota-kota sekitarnya menjadi meningkat secara signifikan.

"Dengan anggaran itu, kita putuskan bahwa semua kebutuhan (infrastruktur Jakarta) yang esensial itu harus selesai dalam waktu sepuluh tahun," ujar JK.