Soal Kesehatan, Anies: Jakarta Mampu Bersaing dengan Negara Lain

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara di rapat kerja Kesehatan Daerah. Dalam acara ini, hadir pula Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan jika Nila adalah seorang yang pekerja keras. Ia pun memuji kinerja dari Menkes tersebut yang selalu tuntas dan cepat.

"Ibu Nila ini memang kalau kerja selalu all out, kebetulan kita sama-sama kerja bareng dulu. Dulu saya ngurus pendidikan, beliau ngurus kesehatan, jadi nempel terus. Jadi, kalau pergi kemana-mana bareng," ucap Anies Baswedan di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 11 April 2019.

Selain itu, Anies juga mengatakan bahwa di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki tantangan yang berarti dalam urusan kesehatan. 

Di ibu kota sendiri, semakin banyak pendatang yang masuk ke wilayah Jakarta. Hal itu menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan olehnya.

"Permasalahan kesehatan kita perlu menjadi sebuah fokus tersendiri, karena tantangannya berbeda sekali dengan tantangan masalah kesehatan di daerah. Itu harus menjadi sebuah perhatian khusus bagaimana nantinya kita harus mengambil sebuah kebijakan," kata Anies.

Anies menambahkan, ia memiliki pandangan terkait spesifikasi untuk masyarakat perkotaan, di mana pelayanan kesehatan di Jakarta harus di-design sedemikian rupa, agar menyesuaikan dan menyelesaikan masalah-masalah masyarakat urban. 

"Kita tinggal di perkotaan dan tantangan kesehatannya memiliki keunikan tersendiri, yang harus kita antisiapasi segala permasalahannya. Sehingga, kita butuh kebijakan pelayanan kesehatan yang spesifik untuk perkotaan," ucap Anies.

Untuk itu, jika Pemprov DKI Jakarta mampu membuat kebijakan yang dapat spesifik menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat urban. Anies pun yakin, Jakarta akan mampu bersanding dengan ibu kota di negara maju dalam bidang pelayanan kesehatan.

"Kita perlu fokus dengan masalah kesehatan perkotaan, bagaimana menyusun kebijakan kesehatan di Jakarta, Penting bagi kita punya pendekatan sistem analitik, best practice, dan adaption dalam hal pelayanan kesehatan,” kata dia. 

Ia pun berharap, Jakarta bisa menjadi contoh pelayanan yang baik untuk daerah lain. "Kita berharap Jakarta dapat menjadi tempat contoh pelayanan kesehatan standarnya equivalents dengan ibu kota anggota G-20," ucap Anies. (asp)