Sungai Cikeas Meluap, Sejumlah Kawasan di Kota Bekasi Banjir Dua Meter

Sejumlah kawasan di Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir dengan ketinggian air hingga dua meter pada Jumat, 26 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Sejumlah kawasan di Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir dengan ketinggian air hingga dua meter pada Jumat, 26 April 2019. Banjir itu disebabkan oleh luapan Sungai Cikeas yang melintas di kawasan itu.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, ketinggian air di kawasan kompleks Tempat Pemakaman Umum Jatisari 2 mencapai 40 sentimeter. “Di wilayah Buperta Jatisari mencapai dua meter,” kata Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono.

Ketinggian air bervariasi mulai dari 40 sentimeter, 50 sentimeter, hingga dua meter. Sejumlah perumahan juga terendam, di antaranya Perumahan Puri Nusaphala dengan ketinggian air hingga satu meter. 

Selain itu, rumah warga RW 19 dan RW 12 Kelurahan Jatisari, Jatiasih, pun terendam. Ketinggian air banjir di lokasi mencapai 100 sentimeter. Namun sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun luka dan aparat BPBD sudah dikerahkan dengan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

Sementara ini, kata Karsono, baru seorang warga dievakuasi dari perumahan Puri Nusaphala. Sejumlah warga lain masih bertahan di rumah masing-masing. Ada pula yang mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terdampak banjir.

Karsono menyebut luapan air melimpah sejak Jumat siang, menyusul hujan deras yang di wilayah Kabupaten Bogor pada Kamis malam, 25 April. Pada Jumat siang, air mulai mencapai kawasan Bekasi, terutama di Jatiasih.