Anies Targetkan Akhir Mei LRT Beroperasi

Pekerja menyelesaikan pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di ruas Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan izin teknis Kereta Light Rapid Transit (LRT) Velodrome - Kelapa Gading. 

Hanya saja, Anies mengatakan pihaknya masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan syarat administrasi, karena belum adanya Rekomtek dan Sertifikasi untuk Depo.

"Yang sudah diterbitkan oleh Dirjen KA adalah Rekomtek yang diterbitkan untuk prasarana jalan stasiun serta safety assesment untuk pengoperasionalan. Untuk Deponya belum ada Rekomtek dan sertifikasinya," ucap Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.

Selain itu Anies menjelaskan masih ada persyaratan yang belum memenuhi. Namun, ia menegaskan sudah memiliki target jika pengoperasian Kereta LRT akan dimulai akhir bulan Mei 2019.

Ia juga mengatakan akan, melakukan hal yang sama seperti saat akan memulai pengoperasian MRT.

"Tapi hasil Monev dari Dishub terkait LRT masih ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mudah-mudahan kalau kemarin kasus MRT juga begitu, semua dikejar di last minute," tutup Anies.