Sigap Bersihkan Lokasi Bentrok, Petugas PPSU Berharap Indonesia Damai

Petugas PPSU bersihkan jalan Jatibaru, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA –  Puluhan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cideng langsung turun membersihkan jalan usai bentrok yang terjadi antara aksi massa dan aparat di wilayah Jatibaru, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2019. Mereka dengan sigap memunguti batu, menyapu puing serta membereskan pagar jalan yang rusak akibat bentrok. 

Koordinator PPSU Kelurahan Cideng Saiful, mengaku bahwa petugas PPSU sudah bertugas sejak pukul 03.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Setelah itu petugas lainya akan menggantikan shift selanjutnya. 

"Setiap pagi selalu diberi arahan untuk antisipasi, katanya ada demo, jadi kita jaga wilayah, jaga kebersihannya," ujar Saiful kepada wartawan, Rabu, 22 Mei 2019. 

Ia mengatakan ada sekitar 63 PPSU dari kelurahan Cideng yang ditugaskan untuk membersihkan puing sisa bentrokan. Mereka kemudian dibagi ke dalam tiga wilayah di sekitar area Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat.

"Kalau untuk ada ricuh kita menghindar tapi setelah itu standby dan tetap monitor," kata dia. 

Dari pantauan VIVA pada pukul 13.15 WIB,  sepanjang jalan menuju fly over Jatibaru kini telah bersih setelah dibersihkan petugas PPSU. Mereka berharap Indonesia tetap damai,

"Kalau harapannya saya Indonesia damai selalu dann jaga silaturahmi. Saya juga enggak kepengen kayak gini, saya pengennya damai terus," kata dia.