Lebaran 2019, KCI Operasikan KRL Baru dari Jepang

Rangkaian KRL Commuter Line melintas dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengoperasikan lima rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) yang baru didatangkan dari Jepang, pada musim mudik Lebaran 2019. 

Menurut Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, pengoperasian rangkaian-rangkaian itu akan menambah kehandalan armada mudik yang bisa digunakan oleh warga, untuk bepergian ke tujuan-tujuan di Jabodetabek.

"Lima rangkaian KRL yang baru tiba dari Jepang siap dioperasikan pada masa angkutan Lebaran untuk memperkuat armada yang saat ini sudah beroperasi," ujar Wiwik di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.

Wiwik menyampaikan, pada musim mudik Lebaran 2019 yang berlangsung dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri, KCI akan mengoperasikan sebanyak 938 perjalanan KRL per hari. 

KCI juga berkoordinasi dengan DAOP I Jakarta PT Kereta Api Indonesia. Hal itu untuk tetap memastikan perjalanan-perjalanan KRL lancar, meski jalur kereta digunakan juga untuk kereta api jarak jauh yang jumlahnya bertambah pada  musim mudik. "Koordinasi terus dilakukan dengan rekayasa pola operasi," ujar Wiwik.

Wiwik mengemukakan, KCI melakukan penambahan fasilitas-fasilitas di stasiun berupa 236 unit vending machine, 196 loket manual, 28 loket portabel, 11 ruang menyusui portabel, juga 12 toilet portabel. 

Fasilitas-fasilitas tambahan itu disebar di stasiun-stasiun yang memiliki potensi lonjakan penumpang seperti Bogor, Manggarai, Depok, Juanda, juga Jakarta Kota.

"Diharapkan melalui penambahan fasilitas dan pelayanan, antrean penumpang bisa lebih diatasi, dan pelayanan juga lebih baik," ujar Wiwik.