Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar MK, Bawaslu dan KPU

Pengamanan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Menjelang pendaftaran gugatan hasil pemilu oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, polisi melakukan penutupan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan protokol. 

"Untuk Jalan Thamrin dari Bundaran HI itu ditutup. Ditutup dari Bundaran HI sampai air mancur patung kuda ya. Jadi ditutup dua arah sisi kanan dan sisi kiri," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi M Nasir di gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019.

Nasir menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas dari dan menuju Mahkamah Konstitusi (MK), di antaranya dari Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan sebaliknya. Sementara itu, akses arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin masih ditutup.

Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Budi Kemuliaan atau berputar balik di air mancur patung kuda. Untuk arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Utara diluruskan ke Jalan Abdul Muis belakang gedung MK.

Untuk pengalihan arus ke kawasan Bawaslu, arus lalu lintas dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo. Arus lalu lintas dari Jalan KH Mas Mansyur menuju ke Jalan Kebon Kosong diluruskan.

Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan KH Wahid Hasyim diluruskan ke Jalan KH Mas Mansyur. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan KH Wahid Hasyim menuju ke Jalan MH Thamrin dialihkan ke Jalan Agus Salim. Arus lalu lintas dari Jalan Agus Salim ke Bundaran HI dialihkan ke Jalan Sumenep, sedangkan Jalan Imam Bonjol ditutup. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol menuju ke Bundaran HI dialihkan ke Jalan Pamekasan.

Pengalihan arus lalu lintas dari dan ke arah Komisi Pemilihan Umum (KPU), di antaranya dari Bundaran HI yang akan menuju ke Jalan Imam Bonjol ditutup, dialihkan ke Jalan Pamekasan atau Jalan Agus Salim.

Arus lalu lintas dari Jalan HR Rasuna Said yang akan menuju ke Jalan Imam Bonjol melalui Jalan HOS Cokroaminoto ditutup, dan dialihkan ke Jalan Sumenep-Jalan Latuharhary menuju arah Manggarai.

Sementara itu, arus lalu lintas yang dari Jalan Prof. M Yasin menuju ke Jalan Imam Bonjol diluruskan ke arah Jalan Sutan Syahrir. Arus lalu lintas yang dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Imam Bonjol ditutup, dialihkan dan diputarbalikkan atau dialihkan ke Taman Suropati.

Untuk arus lalu lintas dari Jalan Taman Sunda Kelapa ke arah Jalan Imam Bonjol ditutup, dan dialihkan ke Taman Suropati atau belok kanan ke Jalan Diponegoro.

Mengenai kapan ruas jalan yang ditutup akan dibuka, hingga arus lalu lintas menjadi normal, Nasir belum bisa memastikan. "Nah, untuk penutupan jalan ini kita menunggu konfirmasi dari berbagai pihak," katanya.