Sejumlah Ruas Jalan di MH Thamrin Sudah Kembali Dibuka

Akses Jalan MH Thamrin Kembali Dibuka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah membuka sejumlah ruas jalan yang ditutup akibat kerusuhan 22 Mei 2019. Saat ini, sejumlah ruas jalan telah kembali normal dan dibuka untuk umum.

"Untuk penutupan sudah dibuka semua di Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Barat, Jalan Medan Utara, KPU Jalan Imam Bonjol sudah dibuka semua jalur untuk dua arah," kata Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Muhammad Nasir, saat dikonfirmasi, Selasa, 28 Mei 2019.

Namun, arus lalu lintas di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang berlokasi di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, masih ditutup. Penutupan dilakukan di dua jalur yang mengarah utara atau Patung Kuda. 

“Untuk jalur ke arah selatan atau ke Hotel Indonesia dibuka semua lajur," katanya.

Diketahui, usai aksi tanggal 21 dan 22 Mei, sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta ditutup. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi demo lanjutan.

"Pertimbangan (masih memberlakukan penutupan jalan) untuk mengantisipasi jika ada unjuk rasa. Karena alasan keamanan," kata Nasir kepada wartawan, Senin, 27 Mei 2019.

Penutupan akses jalan dilakukan untuk menjamin kepentingan negara seperti pelaksanaan Pemilu 2019.

"Dalam rekayasa lantas juga mempertimbangkan kepentingan masyarakat dan kepentingan negara. Oleh karena itu rekayasa tersebut bertujuan menjamin kepentingan masyarakat, dan kepentingan negara seperti unjuk rasa, kegiatan masyarakat, tamu negara, kegiatan VVIP dan agenda negara, seperti pelaksanaan pemilu yang baru lalu," katanya. (mus)