Gelar Ramp Check, Bupati Tangerang Ingatkan Jam Kerja Sopir Bus

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, memantau proses pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) 106 bus yang akan digunakan untuk transportasi mudik, di Terminal Citra Raya, Tangerang, Rabu, 29 Mei 2019.

Saat pengecekan tersebut, Zaki meminta agar para sopir mengutamakan keselamatan dalam berkendara dibandingkan dengan ketepatan waktu. "Utamakan keselamatan, di sini saya minta jam kerja sopir saat mengemudi diperhatikan," ujarnya. 

Zaki telah menanyakan kepada sopir dan pihak perusahaan otobus (PO). Mereka menyatakan sopir akan mengemudi selama empat sampai lima jam. "Kemudian beristirahat sekitar 30 menit sampai satu jam dan saya rasa itu baik untuk menjaga stamina berkendara jarak jauh," katanya.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas saat musim libur dan mudik Lebaran 2019. Mengingat, faktor kecelakaan lalu lintas selain kendala pada teknis, sering kali juga ditemukan sopir yang kelelahan hingga tidak fokus berkendara.

Zaki mengemukakan, pihaknya tidak menemukan adanya kekurangan pada ratusan mobil yang akan digunakan untuk mudik nanti, pada bagian rem, kemudi, roda ataupun standar kenyamanan di dalam bus.

"Di sini juga diberikan tanda khusus pada kendaraan mudik, yakni kendaraan yang sudah layak akan dipasang stiker khusus dari Kementerian Perhubungan. Adanya ini, saya harap masyarakat bisa memilih kendaraan bus yang sudah layak dengan tanda khusus ini," ujarnya.