Belasan Ribu Pemudik dengan Roda Dua Padati Kalimalang

Para pemudik dengan sepeda motor mulai padati Jalan Kalimalang
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Sepekan jelang Lebaran, pemudik sepeda motor mulai padati Jalan Kalimalang Bekasi. Pada Rabu malam 29 Mei 2019, kendaraan pemudik motor sudah sebanyak 11.200 kendaraan.

"Sedang untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, sebanyak 4.200 kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani, Rabu 29 Mei 2019.

Ojo menambahkan, lonjakan pemudik belum terlalu signifikan. Diprediksi, baru akan terjadi lonjakan sepeda motor pada H-3 sebelum Lebaran. "Malam ini belum terlalu banyak pemudik yang mulai mudik, kemungkinan H-3 lebaran baru ramai," kata Ojo.

Tetapi, kata Ojo, untuk melakukan antisipasi atas lonjakan itu pihak Kepolisian sudah mendirikan Pos Pengamanan di jalur Kalimalang hingga perbatasan Kabupaten Bekasi. Dia berharap, para pemudik bisa mematuhi semua peraturan dan rambu lalu lintas yang ada. "Terutama, hindari mengemudi saat mengantuk," kata dia.

Pantauan dari Pos Mudik di simpang BCP Kota Bekasi, sejumlah kendaraan roda dua sudah ramai menuju ke arah utara melalui jalur Kalimalang. Hampir kebanyakan, para pemudik motor memadati isi kendaraannya dengan barang bawaannya. 

Sementara itu, untuk pemudik roda empat mereka kebanyakan mengarah ke pintu gerbang tol Bekasi Barat. Pemudik roda empat itu memilih lintasan tol untuk bisa sampai ke Cikampek. (asp)