Anies: RSUD dan Puskesmas Kecamatan Buka 24 Jam di Masa Lebaran

Gubernur DKI Anies Baswedan
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa fasilitas kesehatan Pemprov DKI berupa Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD, juga Puskesmas di tingkat kecamatan, akan buka selama 24 jam selama masa libur Lebaran 2019.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, warga Jakarta yang tak mudik dan membutuhkan layanan kesehatan, bisa tetap mengandalkan fasilitas-fasilitas kesehatan milik Pemprov.

"Saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa semua Puskesmas kecamatan, buka 24 jam selama musim liburan Lebaran ini," ujar Anies, usai meninjau pelayanan di Puskesmas Kalideres, Jakarta Barat, Senin 3 Juni 2019.

Adapun, jumlah Puskesmas kecamatan adalah 44 di seluruh Jakarta. Anies menyampaikan, Puskesmas di tingkat kelurahan, juga akan buka. Namun, hanya memiliki jam operasional antara 08.00 WIB hingga 12.30 WIB setiap harinya. Puskesmas kelurahan juga akan tutup pada 5 dan 6 Juni 2019.

"Warga yang membutuhkan layanan kesehatan bisa datang. Puskesmas di kelurahan juga masih buka," ujar Anies.

Selain itu, Anies juga mengemukakan, tenaga kesehatan yang bertugas akan tetap memadai untuk melayani warga Jakarta yang datang ke fasilitas-fasilitas kesehatan. Meski demikian, dia berharap tidak banyak juga warga yang sakit, sehingga harus datang ke fasilitas-fasilitas itu.

"Kita mengharap, mudah-mudahan enggak banyak pasien, karena semuanya sehat. Kalau semuanya sehat, enggak perlu ada yang datang ke sini. Kita mengantisipasi saja, jika ada yang sakit. Mudah-mudahan, enggak ada yang sakit," ujar Anies. (asp)