Tol Cijago Seksi 2 Dibuka untuk Mudik, Perhatikan Rekayasa Lalinnya

Pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Guna mengurai padatnya arus lalu lintas saat mudik, Tol Cinere-Jagorawi Seksi 2 akhirnya dioperasionalkan pada Senin 3 Juni 2019. Rencananya, tol yang membentang dari wilayah Depok hingga Jakarta, Bogor, dan Ciawi itu bakal difungsionalkan sampai dengan H+4 Lebaran.

Menindaklanjuti kebijakan itu, Polresta Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan pihak operator tol pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas sejak dibukanya tol tersebut pada pukul 14.00 WIB tadi. Bagi pengendara yang akan masuk melalui pintu Gerbang Tol (GT) Margonda 1 dari Jalan Margonda akan dilakukan putar balik di depan dealer Toyota Jalan Margonda.

“Tol Margonda 1 ini untuk masuk Tol Jagorawi. Kemudian pada saat keluar pintu Tol Margonda 2, maka nanti akan kita arahkan ke arah kiri, nanti akan dibuka balik arah di depan Pesona Square atau Juanda 2,” kata Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto.

Didik mengungkapkan, pihaknya akan melihat dampak dari arus lalu lintas saat ini. Apabila masuk ke Juanda 2 terjadi kepadatan, akan dilakukan rekayasa lalu lintas di depan pusat perbelanjaan Pesona Square, Jalan Juanda.

Kemudian, di Gerbang Tol Kukusan, Didik mengaku pihaknya akan melakukan penebalan terhadap titik-titik yang dimungkinkan akan terjadi kemacetan. Ada beberapa titik yang sudah diidentifikasi akan mengalami peningkatan arus lalu lintas.

“Nanti kita lihat titik kemacetannya ada di mana. Tapi anggota kita dengan juga Dishub sudah kita ploting di sana, tentunya setelah ini akan kita evaluasi dampak dari dibukanya uji coba pintu tol ini,” ungkapnya.

Didik mengungkapkan, tujuan uji coba ini untuk mengurangi kepadatan arus yang ada di keluar pintu Tol Cisalak 3. 

“Memang menjelang hari raya titik kepadatannya cukup meningkat karena aktivitas pengemudi keluar dari Tol Cisalak cukup tinggi, di samping arus dari arah Bogor menuju Jakarta maupun sebaliknya, meningkat semua sehingga terjadi kepadatan,” ujarnya.

“Ini untuk memberikan pengurangan titik beban yang ada di pintu Tol Cisalak, tentunya kita lihat perkembangan dengan dibukanya pintu tol ini nanti titik macetnya di mana, namun sudah kita antisipasi,” tambahnya.

Sementara itu, Edi, salah satu dari manajemen Tol Cijago Seksi 2 mengungkapkan, untuk fungsional Seksi 2 dibuka pada hari ini sampai dengan 10 Juni 2019.

“Tarifnya kita kenakan Cijago Seksi 1, jadi yang keluar Cijago Seksi 2 bayarnya hanya pada Cijago Seksi 1, sedangkan Cijago Seksi 2 masih gratis,” katanya.

Edi optimistis kebijakan ini tepat untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Gerbang Tol Cisalak.

“Saya pikir belum ada evaluasi, masih lancar-lancar saja sampai saat ini. Tujuannya untuk mengurangi beban karena di sini kan kepadatan lalu lintas lumayan, antreannya bisa sampai Jagorawi, sehingga dengan seksi 2 dibuka akan terbagi antrean kendaraan dan mengurangi kemacetan,” ungkapnya.