Menteri Agama Dijadwalkan Takbiran di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal di kawasan Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Rifki Arsilan

VIVA – Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam menyatakan, Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan mengumandangkan takbir di Mesjid Istiqlal, malam nanti. 

Menurut Abu, kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta jajarannya merupakan kegiatan tasyakuran bersama-sama dengan para jemaah Masjid Istiqlal. Hal itu dilakukan sebagai simbol berakhirnya bulan suci Ramadan dan akan masuknya bulan Syawal atau Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Acaranya sederhana sebenarnya, nanti diawali dengan sambutan dari Ketua BPPRMI, Asep Saepudin. Nanti Pak Menteri mungkin juga akan menyampaikan sepatah dua kata menyapa masyarakat yang ada di Istiqlal," kata Abu Hurairah Abdul Salam di Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni 2019.

Tidak hanya itu, lanjut Abu, setelah proses sambutan-sambutan yang akan disampaikan oleh Menteri Lukman. Lukman juga nanti akan menabuh bedug yang sudah disiapkan di dalam area Masjid Istiqlal sebagai simbol masuknya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Lalu secara simbolis memukul bedug dilanjutkan dengan pembacaan takbir yang dilakukan dengan Imam dan Muadzin Masjid Istiqlal," ujarnya.

Untuk diketahui, malam takbiran adalah salah satu ritual menyambut datangnya Idul Fitri atau lebaran. Biasanya, selain mengumandangkan lafadz takbir, suasana malam takbiran itu juga diisi dengan parade atau pawai pukul bedug.