Gubernur Anies: Siapapun Boleh Mengadu Nasib di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, tidak mempermasalahkan siapapun warga dari daerah lain datang ke Ibu Kota untuk mengadukan nasib dan mencari kerja. 

"Kita memandang siapapun warga negara Indonesia bisa pergi ke kota manapun, bisa mengadu nasib di kota mana saja," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu 12 Juni 2019. 

Mereka datang ke DKI Jakarta tentunya untuk mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. 

"Jangan sampai kita ingin hidup kita lebih baik tapi kita tidak ingin orang lain mengikuti jejak yang kita kerjakan, gitu aja sih," katanya. 

Anies pun memang tak memungkiri, bahwa banyak warga dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk mengadu nasib, begitu sebaliknya banyak warga DKI Jakarta yang pindah ke daerah lain. 

"Betul, nanti kita berikan datanya yang lengkap ya lewat Disdukcapil, tapi memang banyak sebenarnya pergerakan bukan hanya ke dalam Jakarta, tapi dari Jakarta ke luar juga cukup tinggi," ujarnya. 

Karena itu, kata dia, itu sebenarnya pencatatan kependudukan menjadi penting. Maka, Anies mengimbau kepada semuanya yang keluar dari Jakarta untuk melaporkan bahwa bikin surat pindah dan yang masuk ke Jakarta juga membawa surat.  

"Dengan begitu pencatatan bisa baik," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. (ren)