Polusi dan Sampah Jadi Masalah, Anies Siapkan Pergub Soal Plastik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa permasalahan kualitas udara dan juga sampah di Jakarta masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah provinsi DKI Jakarta. Dua permasalahanini menjadi pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

"Kita merasakan masalah kualitas udara, kualitas air, penurunan permukaan tanah, masalah sampah menjadi masalah lingkungan yang dihadapi oleh Jakarta. Alhamdulillah saat ini kita berada dalam tahap rute menyelesaikan," kata Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Mei 2019.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan sejumlah cara dalam mengatasi masalah pencemaran lingkungan di Jakarta. Salah satunya dengan menyiapkan pergub soal penggunaan plastik di Jakarta.

Selain itu, Ia pun sedang membuat Intermediate Treatment Facility di Sunter. Lalu, untuk permasalahan air pihaknya sudah membuat pipanisasi agar warga mendapatkan air bersih dan dapat mencegah terjadinya penurunan muka tanah.

"Intermediate Treatment Facility untuk pengelolaan sampah yang pertama di Indonesia, nantinya akan mengubah sampah menjadi energi. Pengelolaan lingkungan kualitas udara kita mulai dengan mengintegrasikan transportasi publik di Jakarta, alhamdulillah angkanya sudah menunjukkan perbaikan kualitas kemacetan," katanya.