Beri Sambutan di HUT Jakarta, Anies Singgung Sedikit Soal PPDB

Unjuk rasa warga Solo soal PPDB 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sempat menyinggung soal carut marut kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai penerimaan peserta didik baru atau PPDB.

Baginya, hari ini sistem yang dibuat oleh instansi di bawah Menteri Muhadjir Effendy itu telah menjadi perhatian bagi orang tua di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Anies menyinggung mengenai kebijakan itu bersamaan dengan niatnya memberikan keadilan dalam semua kebijakan.

"Kita selalu mendorong keadilan di dalam semua kebijakan. Mulai dari kebijakan pajak bagi mereka yang berjasa untuk bangsa negara, sampai kepastian bagi orang tua ketika menyangkut PPDB," kata Anies dalam sambutannya pada saat HUT DKI Jakarta di panggung Bundaran Hotel Indonesia, Sabtu malam 22 Juni 2019.

Tak ada pernyataan lanjutan mengenai PPDB pada sambutan Anies. Seperti diketahui, masa PPDB menemui banyak kendala karena adanya sistem zonasi. 

Anies yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelum Muhadjir itu, menimpali persoalan PPDB ke konteks lain. Ia menyatakan, Pemprov DKI di usia yang ke 492 terus memastikan masyarakat yang termarjinalkan mendapat kesetaraan.

"Agar mereka bisa hidup dengan baik, mendapatkan kesempatan yang layak bagi semuanya," ucap Anies. 

Anies mengklaim, Jakarta yang dipimpinnya saat ini telah menampilkan wajah baru. Hal itu selaras dengan tema HUT Jakarta tahun ini bertajuk 'Wajah Baru Jakarta'.

"Wajah baru Jakarta bukan soal fisik, wajah Baru Jakarta adalah soal mindset," ucap Anies.