Transjakarta Sebut Tarif Bus Listrik Bakal Tetap Sama

Tiga bus listrik melintas saat diuji coba di Jalan MH Thamrin, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengungkapkan tarif bus listrik yang segera beroperasi akan sama dengan bus TransJakarta yang ada sekarang. Demikian kata Direktur Utama TransJakarta, Agung Wicaksono.

Selama ini, lanjut Agung, aturan pemerintah soal tarif angkutan umum seperti bus tidak berdasar pada bahan bakar yang digunakan bus itu. Dengan demikian, tarif bus listrik akan sama. 

"Tarif kepada pelanggan itu semuanya sama. Saat ini ada yang pakai solar, ada yang pakai gas, toh tarifnya sama, tidak ada yang beda," ujarnya di kawasan Cikini Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 23 Juni 2019.

Dia tak memungkiri harga bus listrik lebih mahal ketimbang bus biasa. Tapi, bus listrik biaya operasional dan perawatannya lebih murah. 

Tidak ada yang berbeda untuk fasilitas bus. Bus listrik dipastikan juga ramah penyandang disabilitas. Malah bus listrik lebih nyaman karena tidak ada suara bising seperti bus biasa. 

"Secara desain interiornya itu tidak ada yang berbeda, jadi untuk penumpang disabilitas itu bisa diakomodir. Yang kita lakukan di bus yang sekarang itu juga sama bisa dilakukan di bus listrik, enggak ada masalah," kata Agung. (ren)