Masyarakat Sambut Meriah Pawai HUT Jakarta ke-492

Pawai HUT Jakarta ke-462
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Kemeriahan berlangsung di jantung Ibu Kota, saat masyarkat berkumpul menyaksikan karnaval, Minggu sore 30 Juni 2019. Pawai kostum dan kendaraan hias ini memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-492. 

Pantauan VIVA, masyarakat baik warga lokal hingga dari daerah, bahkan turis mancanegara, memenuhi sepanjang ruas Jalan Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya. Sepanjang jalan itu lah yang menjadi rute pawai karnaval HUT DKI.

Pawai sebenarnya baru mulai pukul empat sore, di depan Balai Kota Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan. Namun, sejak jam tiga sore pengunjung sudah memadati pinggir kanan-kiri jalan yang jadi rute karnaval.

Sepanjang rute, masyarakat dihibur dengan rangkaian parade kostum kreatif dan unik, baik yang bergaya fussion, cosplay tokoh-tokoh kartu, baju adat tradisional, hingga etnis Tiongkok dan India. Ini menggambarkan ciri khas Jakarta, yang masyarakatnya terdiri dari bermacam suku dan budaya serta mengusung semangat keberagaman. 

Tidak hanya kostum, pawai ini pun dimeriahkan dengan parade motor besar, skuter hingga kendaraan hias.

Walau Satpol PP mengerahkan cukup banyak petugas untuk mengamankan rute karnaval, namun penjagaan tidak lah ketat. Warga pun terkadang berkesempatan untuk berswafoto dengan para peserta pawai saat berjalan pelan. 

"Enggak percuma, saya bawa keluarga untuk nonton. Mereka senang. Ada yang bisa selfie dengan peserta yang bajunya unik-unik, orangnya baik pula," tutur Ade, warga asal Bekasi yang sedang pesiar bersama keluarganya di Jakarta. 

Pesta karnaval ini dijadwalkan berlangsung hingfa pukul 17.30. Selama pawai, lalu-lintas sepanjang rute Jalan Merdeka Selatan dan MH Thamrin ditutup atau dialihkan ke jalur lain.