Revitalisasi TIM Ditargetkan Tuntas 2021

Taman Ismail Marzuki.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menargetkan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat, tuntas pada Juni 2021. Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, target penuntasan dalam waktu hanya dua tahun harus bisa dicapai karena anggaran yang dikucurkan dinilai mencukupi.

"Kita berharap, pengelolaan, pembangunan (revitalisasi TIM) ini berjalan dengan lancar. Sudah dianggarkan, dan cukup, sehingga insya Allah (selesai) di bulan Juni 2021," ujar Anies usai pencanangan di TIM, Rabu, 3 Juli 2019.

Anies menyampaikan, Pemerintah Provinsi DKI sendiri sudah mempersiapkan revitalisasi TIM yang juga salah satu tempat bersejarah di Ibu Kota, sejak November 2018. BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro), ditunjuk melaksanakan revitalisasi dengan anggaran Rp1,8 triliun.

"Jadi alhamdulillah, setelah pada bulan November yang lalu kita mencanangkan rencana untuk melakukan revitalisasi, hari ini ground breaking dilakukan," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, usai revitalisasi tuntas, TIM harus menjadi pusat budaya di tingkat Asia, bahkan internasional. Para budayawan dan seniman nasional, juga internasional, akan didorong untuk mengekspresikan karya-karya mereka di TIM.

"Kita berencana membuat Taman Ismail Marzuki ini menjadi salah satu pusat kebudayaan, bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga di Asia dan di dunia," ujar Anies. (ase)