Melihat Wajah Baru Taman Ismail Marzuki

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat pencanangan revitalisasi TIM.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menjanjikan Taman Ismail Marzuki (TIM) baru yang revitalisasinya ditargetkan tuntas pada Juni 2021, akan menjadi tempat subur bagi tumbuhnya seniman dan budayawan di Jakarta.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud itu, TIM layaknya tanah yang siap ditumbuhi oleh bibit-bibit unggul berupa seniman, juga budayawan yang banyak memiliki potensi.

"Kita siapkan di tempat ini (TIM), tanah yang subur untuk bibit-bibit seniman dan budayawan bertumbuhan di Jakarta," ujar Anies pada Kamis, 4 Juli 2019.

Anies menyampaikan, sebagai pelayan masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI memiliki tugas memastikan kebutuhan setiap warganya terlayani. Warga itu termasuk para seniman dan budayawan yang membutuhkan tempat mengekspresikan karya yang baik.

"Bagian kami di Pemprov DKI Jakarta, memastikan iklimnya sehat. Iklimnya memungkinkan untuk ada pertumbuhan," ujar Anies.

Selain itu, Anies juga mengemukakan, TIM baru yang revitalisasinya dikerjakan BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro), akan menjadi pusat dari ekosistem pertumbuhan budaya dan seni dari seluruh Jakarta, Indonesia, hingga dunia. Pemprov DKI akan mengundang para seniman dan budayawan nasional, hingga internasional, untuk menjadikan TIM baru tempat pentas dan berekspresi mereka.

"Yang hendak dibangun bukan bangunan fisiknya saja, yang hendak dibangun adalah ekosistem kebudayaannya," ujar Anies.