Anies Presentasikan Jak Lingko di Pertemuan Wali Kota Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberi penjelasan terkait Jak Lingko atau program integrasi transportasi Pemerintah Provinsi DKI dalam pertemuan wali kota sedunia di Medellin, Kolombia. 

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, penjelasan itu merupakan salah satu poin utamanya dalam keynote speech dari acara bertajuk World Cities Summit Forum.

"Dalam kesempatan ini menjelaskan tentang transformasi kota dan pembangunan masyarakatnya di Jakarta, termasuk di bidang angkutan umum massal," ujar Anies, dikutip dari unggahan di akun Instagram @aniesbaswedan yang dikirim pada Rabu, 17 Juli 2019.

Anies menyampaikan, Jak Lingko secara signifikan turut meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta. Jumlah itu adalah 123 juta penumpang pada 2016 yang meningkat menjadi 189 juta penumpang pada 2018, juga diproyeksi menjadi 255 juta di 2019.

"Kemajuan di bidang transportasi di Jakarta memang menarik perhatian karena hadirnya program Jak Lingko direspons positif oleh publik Jakarta," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, tren positif itu menunjukkan bahwa DKI saat ini sudah berada di jalur yang benar dalam upaya mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya. Anies meyakini hal itu pada akhirnya akan turut menanggulangi juga persoalan polusi udara yang belakangan mencuat di Jakarta.

"Kita on the right track dalam mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya," ujarnya.