Raih Pelopor Provinsi Layak Anak 2019, Pemprov DKI Bersyukur

Pemprov DKI raih penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak 2019.
Sumber :
  • Siaran Pers Pemprov DKI

VIVA – Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan yang didapatkan bertepatan dengan Hari Anak Nasional tersebut, merupakan bagian dari Percepatan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) menuju Indonesia Layak Anak atau IDOLA 2030.

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, kategori penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak baru pertama kali diberikan pada tahun 2019. Penghargaan diberikan kepada provinsi yang 100 persen seluruh kota/kabupatennya masuk kategori Layak Anak (KLA). 

"Alhamdulillah, kita bersyukur DKI Jakarta termasuk dari empat provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini,” ujar Tuty dalam keterangannya, Rabu, 24 Juli 2019.

Menurut Tuty, DKI Jakarta telah membuktikan melalui sejumlah prestasi pada 2018, antara lain Provinsi Penggerak Pengembangan Kota/Kabupaten Layak Anak, Sekolah Ramah Anak MTS 13 Jakarta Selatan. Kemudian, inisiasi pembentukan Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A), dan pencapaian cakupan akte kelahiran terbanyak untuk Suku Dinas Dukcapil Jakarta Barat.

Pada 2019 ini, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan lainnya dari Kementerian PPPA, yakni kategori Puskesmas Ramah Anak untuk Puskesmas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur dan Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat dalam mewujudkan Kota Layak Anak. 

“Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan sebagai Pelopor tersebut karena sejak tahun 2018 lalu berhasil mendorong seluruh lima Kota dan satu kabupaten adminitrasi menuju kota/kabupaten layak anak,” ujar Tuty.