Kolaborasi Dua Kota, Jakarta-Berlin Buat Mural di Terowongan Kendal

Salah satu mural di Jalan Kendal yang sedang dikerjakan.
Sumber :
  • Dok. MRT Jakarta

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan MRT Jakarta bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan iMural kembali mempercantik salah satu sisi terowongan di Jalan Kendal, Jakarta Pusat.

Seni Mural kolaborasi bertajuk "Mural Persahabatan" ini merupakan salah satu bagian perayaan 25 tahun hubungan sister city Jakarta-Berlin. Mural bertema Persahabatan dan Kolaborasi ini akan melibatkan seniman, desainer, dan arsitek ternama asal Berlin, Snyder. 

"Ruang khusus di Jalan Kendal ini sekaligus menjadi penanda peradaban kota modern. Dengan tambahan karya mural yang menghiasi terowongan, diharapkan akan menjadi salah satu karya seni di ruang publik yang dapat diakses dan diapresiasi secara luas oleh masyarakat, serta juga dapat menjadi salah satu model untuk 'city beautification' di beberapa titik di Jakarta," ucap Plt. Ketua DKJ, Danton Sihombing, dalam keterangan pers, Kamis, 25 Juli 2019.

Selanjutnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar,mengatakan pihaknya mendukung kegiatan ini karena selaras dengan peran MRT sebagai operator utama kawasan berorientasi transit, yang bukan cuma menjadi pusat perpindahan warga, namun menjadi titik pusat aktivitas perkotaan.

Selain itu kawasan ini juga dekat dengan rencana pembangunan Taman Dukuh Atas sebagai ruang berinteraksi dengan berbagai macam spot menarik. 

"Masyarakat dapat memanfaatkan seni mural ini sebagai titik berkumpul, bersosialisasi, dan menjadi tempat swafoto sehingga semakin banyak warga yang mengunjungi tidak hanya stasiun tapi juga kawasan transitnya sehingga tumbuh budaya publik multimoda," jelas William.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap mural kolaborasi antara kedua seniman ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi dalam mengembangkan berbagai kerja sama yang bermanfaat bagi masyarakat kedua kota atau negara dengan latar belakang berbeda.