Rencana Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Anies: Masih Pertimbangan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, rencana upacara HUT ke-74 RI digelar di pulau reklamasi, hanya salah satu pertimbangan saja. Menurut dia, DKI juga mempertimbangkan lokasi-lokasi lain sebagai tempat pelaksanaan upacara.

"Semua itu masih dalam pertimbangan," ujar Anies di Kolese Kanisius, Menteng, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019.

Anies menyampaikan, seperti upacara HUT RI 2018, DKI memiliki sejumlah opsi lokasi penyelenggaraan acara. Pada 2018, upacara akhirnya dilaksanakan di Lapangan Banteng.

"Tahun lalu, kita berupacara di Lapangan Banteng, kemudian tahun ini kita lagi mencari tempat yang pas untuk upacara (17 Agustus) besok," kata Anies.

Adapun, Anies juga mengemukakan, DKI mencari lokasi yang bisa menampung peserta upacara dalam jumlah besar. Pulau reklamasi, tepatnya Pulau D, atau Pantai Maju, dipertimbangkan karena memang masih area luas yang belum dihuni.

"Kita semata-mata (mencari) tempat yang cukup untuk menampung kita semua, banyak orang," tutur Anies.

Sebelumnya, Pemprov DKI hendak menggelar upacara 17 Agustus di Pulau D. Rencana ini sempat mendapat kritik juga dari Fraksi PDIP DPRD DKI yang menganggap tempat tidak layak.

"Laksanakan upacara di tempat yang layak. Kami lihat, memperingati (Kemerdekaan) di Pulau D reklamasi tidak layak," ujar anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.