Warga Jakarta di Gedung Tinggi Juga Merasakan Gempa Bayah Banten

Gempa bumi magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Bayah, Banten.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Tidak hanya di Depok dan Bogor, guncangan gempa bumi yang terjadi di Bayah, Banten, Minggu malam tadi juga dirasakan sebagian warga di Jakarta. Dari informasi yang tersebar di media sosial, gempa dirasakan warga di kawasan Lenteng Agung dan kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Mereka merasakan gempa dalam waktu singkat, atau hanya sekitar tiga detik saja.

Sejumlah warga yang masih berada di gedung-gedung tinggi, merasakan goyangan ringan dalam waktu yang cepat. Meski begitu, guncangan ini tidak begitu membuat warga panik.

Dari infromasi resmi yang disebar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan magnitudo 5,2, yang lalu dimuktahirkan menjadi magnitudo 5,0, terjadi di wilayah Bayah, Banten. Gempa terjadi pada pukul 21.25 WIB, Minggu 28 Juli 2019.

Gempa terjadi pada kedalaman yang cukup dangkal, 10 kilometer. Gempa terjadi pada 7,42 lintang selatan dan 106,03 bujur timur. Dapat dipastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Karena itu masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mempercayai informasi selain dari BMKG.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan yang disebabkan oleh guncangan gempa malam ini.

BMKG menginformasikan, gempa juga dirasakan di Pelabuhan Ratu dan Sukabumi Selatan dengan kekuatan III MMI, Depok II-III MMI, Serang dan Mnujul II MMI. (ren)