Anies Baswedan Samakan Jakarta dengan Berlin

Peraturan Plat Ganjil-Genap di Jalan Tol
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menilai bahwa Jakarta dan Berlin, yang merupakan ibu kota Jerman, sama-sama menghadapi tantangan yang besar sebagai ibu kota dari sebuah negara.

Menurut Anies, yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, kedua kota bisa bekerja sama, supaya saling menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

"Jakarta dan Berlin, kita bersama-sama menghadapi berbagai tantangan perkotaan," ujar Anies dalam peringatan sister city Jakarta-Berlin ke-25 di Balai Agung, Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019.

Anies menyampaikan, secara spesifik, tantangan yang dihadapi kedua kota memang berbeda. Meski demikian, terobosan solusi, seperti solusi berbasis teknologi informasi, diyakini bisa diterapkan dalam rangka menyelesaikan tantangan-tantangan itu.

"Tantangannya itu, mungkin memang tidak akan sama dalam bentuknya," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, dalam peringatan 25 tahun sister city Jakarta-Berlin, kedua kota, sama-sama mengadakan rembuk ide yang dinamai 'The Good Idea Jam'. Acara sekaligus diharapkan memberi tawaran solusi kepada kedua kota supaya menyelesaikan masalah yang dihadapi, utamanya dalam penggunaan IT, mobilitas, juga lingkungan.

"Kita berdua menghadapi tantangan yang dinamis dan kami berharap mendapatkan solusi yang baru, yang merupakan terobosan,” ujar Anies.

Acara dihadiri perwakilan Pemerintah Jerman, startup asal Jerman dan Indonesia, serta jajaran Pemprov DKI.

Acara bertujuan untuk memperkuat ikatan kemitraan Jerman dan Indonesia, sekaligus mewadahi pertukaran ide tentang bisnis, dan solusi pengembangan smart city yang layak. (asp)