52 Truk Tanah Disita Imbas Kecelakaan Mobil Tertimpa di Kota Tangerang

Dump Truk.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Usai kecelakaan maut antara truk tanah dengan minibus hingga menewaskan empat penumpang di dalamnya, Pemerintah Tangerang, mengeluarkan surat edaran yang secara tegas melarang truk tanah atau pasir melintasi ruas jalan Kota Tangerang.

Surat edaran yang dikeluarkan oleh Wali Kota Tangerang itu berlaku per 1 Agustus 2029, yang kemudian ditindaklanjuti dengan razia yang dilakukan oleh petugas gabungan Polres Metro Tangerang Kota, dengan Dinas Perhubungan Kota Tangerang.

Razia tersebut dilakukan di ruas Jalan Jenderal Sudirman, yang merupakan jalan penghubung antara Jakarta-Tangerang. Dalam kegiatan itu diamankan 52 dump truk, dengan muatan tanah dan pasir yang akan mengirimkan tanah ke lokasi proyek pembangunan nasional yang ada di Tangerang seperti, JORR dan Runway 3.

"Sebelumnya, memang sudah ada Peraturan Wali kota yang mana, mengatur jam operasional. Namun, karena masih membandel, ditambah adanya kejadian kecelakaan naas itu membuat aturan itu diperketat, yang mana betul-betul tidak boleh lewat," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Andika Nugraha, Jumat 2 Agustus 2019.

Nantinya, puluhan truk tersebut akan dikandangkan pada tiga lokasi yakni, Stadion Benteng, TPA Rawa Kucing, dan Terminal Poris Plawad.

"Kami sita dulu, kalau mereka (sopir) mau ambil kendaraannya, harus membuat perjanjian yang mana akan ikuti aturan dengan tonase yang tidak melebihi batas dan mengikuti jam operasional yang ada di daerah, yakni boleh melintas pada pukul 10 malam sampai lima pagi," ujarnya.

Sebelumnya, pada Kamis pagi, 1 Agustus 2019, kecelakaan maut terjadi di kawasan Jalan Imam Bonjol, Cibodas, Tangerang.

Kecelakaan yang menewaskan para penumpang itu terjadi setelah sebuah truk tanah menimpa minibus yang berisi empat penumpang yakni, Ifat atau Fatimah (40), Nanda (24), Wandi (22), dan Aisyah yang berusia 11 bulan, serta, sopir Edy (35). 

Di mana, pada kejadian naas itu, hanya Aisyah yang berhasil diselamatkan, setelah Ifat berhasil mengeluarkan putrinya itu dari dalam mobil, sebelum akhirnya ia tewas terhimpit badan truk tanah tersebut. (asp)