Kamera Tilang Elektronik Bisa Rekam Pungli Oknum Aparat

Sejumlah anggota Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat saat melakukan sosialisasi tilang elektronik kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor di persimpangan Bundaran Patung Kuda, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik diharapkan mampu mengurai angka kecelakaan lalu lintas, di wilayah DKI Jakarta. 

Tak hanya itu. Penerapan E-TLE juga diharapkan mampu mengurangi tindakan pungutan liar (pungli) oleh oknum anggota kepolisian.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, penerapan E-TLE dapat mengurai sentuhan langsung antara anggota di lapangan dengan pengendara. Jika ada oknum anggota yang macam-macam, mata kamera E-TLE akan merekam aksinya.

"Karena kurangnya sentuhan dengan anggota itu akan mengubah anggota di lapangan. Anggota tidak akan main-main (pungli). Misalnya ada oknum yang mencari-cari kesalahan, akan terekam oleh E-TLE ini," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Agustus 2018.

Gatot menambahkan, penerapan E-TLE juga diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat dalam berkendara. Selain itu, angka kecelakaan pun diharapkan berkurang. 

"Dengan  adanya kamera-kamera ini diharapkan masyarakat menjadi tertib, tidak melanggar, dan mengurangi sentuhan antara petugas polisi dan masyarakat," katanya.

Saat ini, telah terpasang 12 kamera E-TLE dengan empat fitur teranyar. Kamera tersebut terpasang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Berikut 10 titik yang menjadi lokasi kamera sistem tilang elektronik itu adalah:

1. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) MRT Bundaran Senayan Ratu Plaza, dengan jenis kamera check point (satu)

2. JPO MRT Polda Semanggi Hotel Sultan, jenis kamera check point (satu)

3. JPO depan Kementerian Pariwisata, dengan jenis check point (satu)

4. JPO MRT dekat Kemenpan-RB, dengan jenis check point (satu)

5. Flyover Sudirman ke Thamrin, berjenis check point dan speed radar (satu)

6. Flyover Thamrin ke Sudirman, dengan jenis check point dan speed radar (satu)

7. Simpang Bundaran Patung Kuda, berjenis kamera ANPR (dua)

8. Simpang Sarinah Bawaslu, jenis kamera ANPR (satu)

9. Simpang Sarinah Starbuck, jenis check point dan speed radar (dua)

10. JPO Plaza Gajah Mada, jenis kamera check point dan ANPR (satu)

(ase)