Listrik di Sebagian Wilayah Depok Padam Lagi, Ini Penyebabnya

Ilustrasi infrastruktur listrik
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA – Sebagian aliran listri di wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, padam lagi sejak Senin pagi, 5 Agustus 2019. Beberapa wilayah yang terdampak, di antaranya di kawasan Kecamatan Tapos dan Bojongsari.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PLN Depok, Setyo Budiono, kondisi itu terjadi akibat daya listrik yang masuk ke Kota Depok belum masuk secara keseluruhan atau baru sekira 65 persen. “Kami sampaikan permohonan maaf sampai saat ini kami baru bisa memulihkan 65 persen kelistrikan di Kota Depok,” katanya dalam konferensi pers di kantornya, Senin 5 Agustus 2019.

Pemadam itu, katanya, akibat beberapa pembangkit seperti PLTU Pelabuhan Ratu, Lontar, Labuhan, Cilegon, Muarakarang, dan Tanjuk Priok yang masih padam dan belum bisa operasi.

“Ya intinya sampai hari ini yang diizinkan baru masuk sekira 65 persen di Depok, karena dibagi-bagi dengan kota-kota lain yang belum bisa dihidupkan karena kemampuan pembangkit yang masih ada kendala,” katanya.

Ketika ditanya berapa lama proses yang dibutuhkan untuk kembali normal, Budiono mengaku hal itu kewenangan pengatur beban PLN pusat. Lagi pula, pengoperasian pembangkit setelah gangguan memang membutuhkan waktu.

Namun dia berjanji segera memulihkan jaringan listrik di wilayahnya, termasuk berkoordinasi dengan unit-unit PLN yang terkait dengan pengaturan beban listrik. (ren)