Sulit Air Bersih karena Listrik Mati, Warga Tangerang Jebol Pipa PDAM

Warga di Cipondoh, Tangerang menjebol pipa PDAM Tirta Benteng, Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Warga di kawasan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Tangerang, terpaksa menjebol pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Benteng, Senin 5 Agustus 2019.

Hal itu dilakukan, setelah ratusan warga yang berada di lokasi setempat kesulitan mendapatkan air bersih. Sebab, ada pemadaman listrik secara bergilir yang dilakukan PLN. 

Selain itu, belum ada bantuan air bersih dari pemerintah terkait. "Kita terpaksa jebol pipanya, karena sudah dari semalam enggak ada air bersih akibat mati listrik," kata Yuni, warga setempat.

Yuni menjelaskan, warga menjebol pipa tersebut dengan cara membuka keran air yang berada di ujung pipa menggunakan alat pembuka keran. Setelah terbuka, warga pun berbondong-bondong mengantre untuk mendapatkan air bersih tersebut.

"Habis pipanya kebuka, kita pasang selang buat mempermudah warga, terus warga yang datang, kita minta baris supaya tidak serobotan," katanya.

Sementara itu, Asisten Manajer Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng, Ichsan Sodikin mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan terkait dengan kejadian tersebut.

"Kita sudah dapatkan laporannya dan akan kita tutup kembali keran pipa tersebut. Kemudian, tindak lanjutnya akan kita kirimkan bantuan air bersih kepada warga sekitar. Kita telah siapkan empat mobil tangki air bersih untuk warga setempat," ujarnya.

Terkait dengan aksi warga tersebut, pihak PDAM Tirta Benteng hanya melakukan tindakan persuasif.

"Kita lakukan langkah persuasif saja. Dan untuk pengiriman air bersih, kami akan kirimkan ke wilayah Cibodas, Jatiuwung, dan Pinang. Di mana, pada wilayah itu sudah ada laporan kesulitan air bersih," ujarnya. (asp)