Gerbang Belakang DPR Dijebol Massa Mahasiswa

Massa mahasiswa jebol gerbang belakang Gedung DPR
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Massa mahasiswa dari sejumlah universitas yang demonstrasi menolak pengesahan undang-undang yang tak pro-rakyat mengepung kompleks DPR/MPR. Tak cuma di gerbang depan, mereka juga ke pintu belakang DPR.

Massa mahasiswa sempat mengoyang-goyang pintu dan melempari pos pengamanan dalam DPR. Aparat polisi pun menembakkan gas air mata.

Dan malam ini, massa mahasiswa akhirnya berhasil menjebol pintu gerbang belakang DPR/MPR. Setelah pintu belakang jebol, massa mahasiswa melempari pos pengamanan di dalam DPR hingga menyebabkan pos tersebut rusak dan kacanya pecah.

Gabungan polisi dan TNI pun mengambil tindakan dengan menembakkan kembali gas air mata serta water cannon ke massa mahasiswa untuk menghalau massa masuk lebih dalam ke kompleks DPR/MPR. Namun, sebagian massa mahasiswa tetap bertahan dan membalas dengan merusak fasilitas di sekitarnya.

Massa mahasiswa dari sejumlah kampus yang sempat terpecah masih bertahan di beberapa titik hingga malam ini. Sore tadi, para mahasiswa juga sempat berusaha merobohkan gerbang utama dan pagar di samping pintu gerbang berusaha untuk masuk ke dalam kompleks DPR/MPR.

Akibatnya, pintu gerbang utama DPR mengalami kerusakan. Aksi tersebut membuat aparat kepolisian melemparkan gas air mata ke arah massa mahasiswa supaya menjauh.Mereka pun menjauh dan menyebar ke beberapa titik, sebelum akhirnya sebagian dari mereka berkumpul dan kembali lagi menuju DPR.