Bakal Ada Kereta Gantung untuk Urai Kemacetan di Jalur Puncak Bogor

Jalur Puncak, Bogor.
Sumber :
  • Muhammad AR/VIVA.co.id

VIVA – Selain wacana jalur Puncak II sebagai solusi untuk mengurai kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, ada solusi lain yang tengah dibahas. Solusi tersebut, yakni menyiapkan moda transportasi kereta gantung.

Bahkan solusi pengadaan kereta gantung sudah dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat. Hal itu diakui oleh salah satu anggota DPRD Jabar, Imam Budi Hartono.

"Soal kereta gantung sudah kita godok dan ada di rencana tata ruang Jabar," kata dia di Depok, Kamis, 10 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Imam menuturkan, kereta gantung akan disiapkan di sepanjang jalur Puncak dengan tujuan ke sejumlah lokasi wisata. Dengan begitu, masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan bisa memarkirkan kendaraan mereka di sejumlah kantung parkir yang disiapkan.

Namun, wacana kereta gantung saat ini masih dalam tahap kajian. Begitu juga soal anggaran yang dibutuhkan hingga pihak ketiga yang dilibatkan untuk mewujudkan rencana itu.

"Tinggal siapa pihak ketiga yang mau berinvestasi karena pemerintah di mana pun tidak bisa hanya mengandalkan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Harus ada pihak ketiga, baik itu CSR atau pun penanaman modal," ujarnya.

Di samping kereta gantung, dia juga berharap supaya jalur Puncak II bisa secepatnya direalisasikan. Dengan demikian, bisa dimasukkan dalam rencana tata ruang Jabar yang baru.

"Sudah kami bahas, termasuk di dalamnya ada pengembangan otonomi baru, Bogor timur. Intervensi sudah kami lakukan, mudah-mudahan bisa dipercepat," ucap Imam.

Mengenai anggaran yang dibutuhkan untuk proyek ini, dia mengaku belum mengetahuinya secara pasti lantaran belum ada putusan. Namun, menurut Imam, proyek ini penting untuk segera direalisasikan lantaran di Puncak tak bisa dilakukan rekayasa lalu lintas.

Bahkan, jika jalan diperlebar pun, kemacetan akan tetap terjadi. Karena itu, alternatif yang disebutkan sebelumnya menjadi solusi tepat untuk mengurai kemacetan di Puncak, Bogor.