Pelantikan Jokowi, KRL Serpong Tidak Berhenti di Stasiun Tanah Abang

Rangkaian KRL Commuter Line melintas dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada hari Minggu, 20 Oktober 2019, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi 1 Jakarta melakukan pola operasi khusus. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pengamanan pada proses pelantikan tersebut.

Pola operasi khusus itu dilakukan pada rute Rangkasbitung - Tanah Abang, Maja, Tanah Abang, Parung Panjang - Tanah Abang dan Serpong - Tanah Abang. Untuk sementara waktu rute tersebut tidak melayani pemberangkatan ataupun peberhentian di Stasiun Tanah Abang.

"Kita melakukan pola operasi pada rute khusus yang menuju Jakarta, tidak hanya di Stasiun Tanah Abang, untuk sementara KRL pun tidak melayani hingga rute Stasiun Palmerah," kata Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba seperti dikutip VIVAnews, Minggu, 20 Oktober 2019.

Karena itu, Anne meminta agar pengguna KRL yang ingin menuju Jakarta bisa menggunakan transportasi umum atau khusus dari Stasiun Kebayoran Lama.

"Pengaturan pola operasi ini pun juga dibuat setelah mempertimbangkan pengguna KRL akan kesulitan menemukan angkutan selepas dari Stasiun Palmerah, karena ruas jalan di sekitar stasiun banyak yang ditutup ataupun dialihkan arus lalu lintasnya," ujarnya.

Sementara itu, KRL Commuter Line lainnya seperti Bogor/Depok-Jakarta Kota, Bogor/Depok/Nambo - Duri/Jatinegara tetap melayani naik turun penumpang di Stasiun Tanah Abang. Sedangkan, rute Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota, Duri - Tangerang dan Jakarta kota - Tanjung Priok seluruhnya berjalan normal seperti biasa.