Anggota Brimob Juga Jadi Korban Ledakan Pabrik Mercon

Kebakaran gudang mercon Tangerang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Satu anggota Brimob Kalimantan Barat (Kalbar) turut menjadi korban luka atas ledakan dahsyat yang terjadi pada pabrik petasan di PT. Panca Buana Cahaya Sukses, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis, 26 Oktober 2017. Anggota brimob tersebut yakni, Brigadir J Haryanto (31).

Petugas kepolisian tersebut terluka di bagian kepala pada saat membantu mengevakuasi para korban sesaat setelah ledakan terjadi sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Harry Kurniawan, mengatakan anggota brimob tersebut sebelumnya ditempatkan di lokasi tersebut untuk mengamankan aksi unjuk rasa.

"Ya, jadi memang ada BKO dari Polda Kalimantan Barat untuk membantu pengamanan unjuk rasa. Nah, kami tidurkan di dekat situ. Namun, pada saat disiagakan di lokasi sekitar terdapat peristiwa ledakan tersebut dan anggota membantu mengevakuasi hingga terkena serpihan bangunan di kepala," katanya.

Harry menjelaskan saat ini Haryanto telah menjalani perawatan medis di RS Bun Teluknaga.

"Sudah dibawa ke rumah sakit dan sudah diobati," ujarnya.

Untuk diketahui, kebakaran disertai ledakan dahsyat melanda pabrik petasan PT Panca Buana Cahaya Sukses sekira pukul 08.30 WIB. Akibatnya, sebanyak 47 orang yang merupakan pegawai di pabrik tersebut tewas terpanggang. Seluruh korban tewas telah dibawa menuju RS Kramat Jati Polri guna dilakukan identifikasi. Hal tersebut lantaran kondisi korban sudah tidak dapat dikenali lagi secara fisik.

Sementara itu, sebanyak 46 orang mengalami luka bakar hingga 80 persen. Para korban luka dirawat di tiga rumah sakit terpisah, yakni RS Bun Teluknaga, RS Mitra Husada dan RSUD Kabupaten Tangerang.