Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 22 Maret 2018 | 06:01 WIB

Tantang TNI, OPM Punya Senjata Australia dan Sniper

Team VIVA »
Bayu Adi Wicaksono
Foto :
  • Repro Facebook
Pasukan TPNPB

VIVA – Gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka atau OPM di bawah pimpinan Mayor Jenderal G. Lekkagak Telenggen, telah mengeluarkan peringatan untuk berperang kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia.

Pernyataan itu diumumkan dan siarkan langsung oleh Mayjen Lekkagak, beberapa saat setelah Lekkagak dilantik menjadi Kepala Staf Operasi Pusat Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Baca Juga

Dari penelusuran VIVA di situs dan akun resmi TPNPB, ternyata mereka tak cuma memiliki senjata laras jenis AK 47, M1, M14 hingga SS1 saja. Sejumlah pasukan TPNPB juga terlihat membawa senjata modern jenis senapan serbu mesin Steyr AUG.

Menurut Gardanasional.id, Steyr AUG merupakan senjata canggih untuk perang kota. Diketahui, Steyr AUG telah dikembangkan sejak akhir 1960-an oleh perusahaan Steyr-Daimler-Puch Austria untuk Angkatan Darat mereka. AUG singkatan dari Universal Army Rifle. Senjata serbu ini telah diadopsi pada tahun 1977 sebagai StG.77.

Baca: Tantang TNI Perang, Ini Kekuatan Tempur OPM

FOTO: Senapan Styer Aug yang dibawa pasukan TPNPB OPM.

Produksinya dimulai pada tahun 1978 untuk menggantikan senapan serbu StG.58 yang sudah usang dan merupakan versi lisensi dari FN FAL.

Sejak diperkenalkan, AUG mendapatkan popularitas yang cukup tinggi. Senjata ini diadopsi sejumlah negara. Di Australia senjata ini diproduksi dengan lisensi sebagai Lithgow F88, yang biasa dikenal dengan nama Austeyr. AUG dapat dianggap sebagai desain bullpup yang paling sukses secara komersial sampai saat ini.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Veronica Koman, Sri Bintang Dipolisikan & Dialog dengan OPM
BERITA - 10 bulan lalu
Terpopuler