Daftar Pemilih Tetap Pilkada Jateng 27.068.125 Jiwa

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo saat penetapan DPT Pilgub
Sumber :

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, menetapkan jumlah daftar pemilih tetap atau DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi itu sebanyak 27.068.125 jiwa. Jumlah DPT mengalami penurunan dibanding daftar pemilih sementara atau DPS.

"Jumlah DPT Pilgub Jateng menurun, ketimbang kondisi pendataan DPS yang mencapai 27.348.878 jiwa. Berkurangnya jumlah DPT dari DPS itu mencapai sekitar 280 ribu jiwa," kata Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, saat penetapan DPT Pilgub Jateng di kantornya, Jumat 20 April 2018.

Dari total 35 kabupaten kota, jumlah DPT untuk pemilih laki-laki sebanyak 13.478.821 jiwa, sedangkan pemilih perempuan mencapai 13.589.304 jiwa. Dari total 27.068.125 juta pemilih, Pilgub Jateng sendiri didominasi pemilih perempuan.

Menurut Joko, penurunan itu disebabkan sejumlah faktor. Mulai dari pemilih ganda yang kemudian dicoret salah satu, lalu adanya pemilih yang terdaftar dalam DPD, tetapi meninggal dunia, serta pemilih yang pindah alamat.

"Ada juga pemilih yang tidak bisa mengeluarkan surat keterangan pengganti e-KTP. Sehingga, daftar mereka harus dikeluarkan dari DPT," jelasnya.

Ia menegaskan, terdapat banyak calon pemilih yang hingga penetapan DPT tidak mendapat surat keterangan pengganti e-KTP.

Unsur lain yang memengaruhi penurunan DPT Pilgub, kata Joko, ialah banyaknya kemunculan DPT ganda di sejumlah daerah.

"Naik atau turunnya DPT dari DPS menjadi hal biasa dan jangan dihubungkan ada penggelembungan atau lain sebagainya. Karena, sama dengan jumlah pemilih, " katanya.

Selain penurunan DPT dari DPS, Joko menegaskan bahwa ada penurunan jumlah TPS di Jawa Tengah. Dari semula terdapat 63.974 TPS, kini tinggal 63.973 TPS.

Usai penetapan DPT, KPU sendiri akan langsung melakukan pemeliharaan DPT hingga 27 Juni nanti tanpa mengurangi atau menambah daftar pemilih. Pemeliharaan DPT dilakukan untuk menentukan, ketika distribusi logistik saat pencoblosan berlangsung.

Pilgub Jateng diikuti oleh ada dua pasangan calon. Masing-masing paslon nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Keduanya diusung PDIP, PPP, Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Golkar. Sedangkan pasangan bernomor urut 2, adalah Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB.