Polri Kembali Ajukan Calon Pengganti Aris Budiman di KPK

Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)/VIVA.co.id

VIVA - Mabes Polri kembali mengajukan nama calon pengganti Brigjen Pol Aris Budiman yang telah ditarik dari Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi. Nama yang diajukan Polri diyakini bakal lolos dalam seleksi.

"Sudah dikirim, pokoknya sudah, orangnya banyak," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Mei 2018.

Iqbal menyakini calon yang diajukan punya kemampuan yang baik dalam menangani kasus tindak pidana korupsi. Polri telah melakukan seleksi internal untuk personel yang diberi kepercayaan di lembaga antikorupsi.

"Yang dikirim ini yang kredibel," katanya.

Komisi Pemberantasan Korupsi hingga saat ini masih menyeleksi Direktur Penyidikan (Dirdik) lembaga antirasuah itu. Polri pun telah menyerahkan daftar nama yang akan mengikuti seleksi tersebut.

"Seleksi direktur penyidikan sedang berjalan saat ini di internal. Saya sudah cek ada nama yang disampaikan pihak kepolisian. Dan nanti seleksi tentu akan dilakukan secara bertahap," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 28 Mei 2018.

Seleksi akan melibatkan pihak internal dan eksternal KPK. Febri mengatakan pihaknya mencari calon yang memiliki integritas dan kapasitas sebagai pemimpin di Direktorat Penyidikan.

KPK sebelumnya telah menyeleksi untuk mencari pengganti Aris. Namun, saat itu, belum ada satu calon pun yang memenuhi kriteria yang sesuai.

"Kita tahu proses seleksi sudah dilakukan tapi belum sempat menghasilkan Dirdik yang dibutuhkan KPK sehingga nanti diharapkan kita dapatkan calon-calon yang bisa diwawancarai pimpinan," ujarnya.