Dilema Kapolri, Pangkat Kombes Bejibun di Polri

Upacara kenaikan pangkat perwira Kombes di Rupatama Polri
Sumber :
  • VIVA/Bayu Januar

VIVA – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan kenaikan pangkat terhadap sejumlah perwira menengah Polri. Prosesi kenaikan pangkat tersebut berlangsung di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.

Dalam acara ini, ada 39 perwira yang dinaikkan pangkatnya dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ke Komisaris Besar (Kombes). Dalam sambutannya, Tito sedikit menceritakan kegundahannya dalam hal kenaikan pangkat anggota Polri.

"Mohon maaf yang angkatan 1984, 1985, dan 1986 rata-rata yang pangkatnya kombes ini sisa-sisa yang top-top di angkatannya sementara yang junior ini crane yang selalu naik ke atas. Jadi (perwira) yang angkatan 1990-an ke atas ini yang naik pangkat rata-rata yang spirit bekerjanya bagus. Jadi saya sama Pak Wakapolri ini dalam posisi dilematis," kata Tito dalam sambutannya.

Tito mengatakan, saat ini memang ada ledakan jumlah perwira berpangkat Kombes di korps Bhayangkara itu. Saat ini ada sekitar 1.300 perwira yang menyandang pangkat Kombes.

"Yang sedang Sespimti itu 400-500 orang, nah bintang satu itu (berpangkat Brigjen Pol) kalau pensiun dalam sebulan itu tidak lebih dari 4 sampai 5 orang," katanya.

Untuk itu, Tito menuturkan, Polri akan mengembangkan organisasi untuk memberikan posisi-posisi bagi para perwira berpangkat Kombes. Selain itu Tito juga berencana akan memperpanjang masa dinas dari para perwira menengah.

"Langkah yang kita lakukan untuk mengakomodir meledaknya jumlah kombes ini yaitu mengerem kenaikan pangkat dengan memperpanjang masa dinas Kompol ke AKBP, AKBP ke Kombes. Jadi yang sekarang ini (yang naik pangkat) beruntung karena nanti akan direm," ujar Tito.

Tak hanya itu, pengembangan organisasi penugasan di luar Polri juga dikembangkan. "Dulu Pak Budi Waseso pernah berbicara sama saya kita naikkan kepala BNNP di seluruh Indonesia jadi dipimpin jenderal bintang satu sekarang sudah dinaikkan begitu juga dengan organisasi-organisasi lain kita naikkan (dipimpin) bintang satu," kata Tito.

Selain itu, ia juga mencurahkan bagaimana dilematis dirinya yang ingin menaikan pangkat para senior sebagai penghargaan. Namun, menurutnya banyak junior juga yang mempunyai performa cukup bagus.

Jika nantinya para Kombes dinaikkan pangkat menjadi jenderal bintang satu, ia pun meminta siap ditempatkan dimana saja. "Tapi mau minta Kapolda dan Wakapolda pusing lah saya sama pak Wakapolri," katanya.

Terakhir, mengucapkan selamat kepada para anggota yang naik pangkat menjadi Kombes. Ia pun meminta para anggota yang naik pangkat dapat bekerja dengan baik. "Tidak gampang jadi Kombes ini kan sudah lolos jadi Kombes kerja saja yang baik. Jangan pikir kapan dapat bintang dulu masih banyak senior-senior," ucapnya. (mus)