Gunung Rinjani Ditutup karena Ada Longsor akibat Gempa NTB

Gunung Rinjani di Lombok, NTB.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, berdampak ke jalur pendakian. Untuk sementara pihak berwenang menutup jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

Melalui siaran pers yang diterima VIVA, Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberitakan hal tersebut. Berdasarkan laporan BNPB, dikabarkan terdapat longsor cukup besar dari Gunung Rinjani. Material longsoran dikabarkan mengarah ke utara. 

"Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup. Aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada," demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Minggu, 29 Juli 2019. 

Hingga saat ini, Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB dan BPBD kabupaten/kota terdampak gempa. Tim Reaksi Cepat BNPB telah menuju ke lokasi bencana untuk memberikan pendampingan BPBD. Perkembangan dampak gempa dan penanganan darurat akan terus disampaikan.

Korban gempa dikabarkan sudah mencapai 10 orang, satu di antaranya adalah warga negara Malaysia. Sebanyak 40 orang dikabarkan menderita luka, dan puluhan rumah lainnya rusak. Korban terbanyak adalah di Kabupaten Lombok Timur.