Warga Malaysia Korban Gempa Turis yang Baru Turun dari Rinjani

Korban Gempa Lombok.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Zakir

VIVA – Seorang warga Malaysia menjadi korban gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu, 29 Juli 2018. Kapolres Lombok Timur mengatakan bahwa korban adalah wisatawan.

Kapolres Lombok Timur AKBP Eka Fathurrahman, dalam wawancara dengan tvOne mengatakan, korban bersama 15 wisatawan lainnya dari Malaysia baru turun setelah mendaki Gunung Rinjani. Mereka turun pada malam hari dan sedang beristirahat di rumah warga saat gempa terjadi.

"Dari 15 wisatawan itu, satu orang meninggal, dan lima luka-luka," ujar Eka kepada tvOne, Minggu, 29 Juli 2018.

Eka belum bisa memastikan apakah ada korban lainnya di Gunung Rinjani. Ia mengaku masih terkendala alam dan jarak untuk bisa menjangkau Gunung Rinjani yang berjarak sekitar 12 jam dari lokasinya di Lombok Timur saat ini. 

Tapi, Eka mengaku pihaknya sudah bekerja sama dengan Badan Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani, yang saat ini sudah meluncur ke atas. "Jika dipastikan ada korban akan segera ditangani dan diberikan bantuan," Eka menjelaskan.

Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu pagi, 29 Juli 2018. Diberitakan oleh BNPB, hingga pukul 09.45 WIB sudah 10 orang korban tewas akibat gempa, puluhan lainnya luka-luka, dan ratusan rumah rusak.