HDCI Tak Kenali Pengendara Moge yang Ribut dengan Santri NU

Pimpinan Harley Davidson Club Indonesia Surabaya memberikan keterangan di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 31 Juli 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Organisasi Harley Davidson Club Indonesia atau HDCI Surabaya masih menelusuri identitas para pengendara motor gede alias moge yang berkonvoi dan terlibat keributan dengan seorang warga di Sidoarjo, Jawa Timur, pada akhir pekan lalu.

Video keributan rombongan konvoi dengan seorang yang bernama Faisal Yasir Arifin (39 tahun) alias Coy di Bypass Krian, Sidoarjo, itu viral di media sosial.

Sesuai video yang viral dan pengakuan Coy, pengendara moge yang terlibat cekcok dan berujung pemukulan itu menunggangi Harley Davidson. HDCI menyayangkan insiden itu. "Memang kami organisasi nonprofit, tapi bukan berarti semua (pemilik) Harley anggota kami," kata Wakil Ketua HDCI Surabaya, Steven Harli, di Surabaya pada Raby, 1 Agustus 2018.

Ketua Bidang Kegiatan HDCI Surabaya, Sandy Bramantya, mengaku mendapatkan instruksi dari HDCI pusat untuk menelusuri siapa konvoi moge yang terlibat keributan di Bypass Krian itu. "Kami masih menggali terus, dan dari anggota kami, tidak ada yang mengenal motor itu," ujarnya.

Setiap kegiatan touring, katanya, HDCI selalu memberikan arahan kepada anggotanya. Selain menggunakan pengawalan polisi atau voorijder, saat di jalan anggota tidak dibolehkan menggunakan strobo dan sirine. "Tidak boleh memberhentikan pengguna jalan lain, semua berjalan sesuai alur," katanya.

HDCI secara rutin memberikan pengarahan dan pelatihan kepada anggota soal keselamatan dalam berkendara, termasuk ketika touring. Dia juga menegaskan bahwa klubnya juga memiliki aturan tegas dan keras. "Arogan dan melakukan pelanggaran kita pasti keluarkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pengendara mobil Mitsubishi Xpander bernama Faisal Yasir Arifin alias Coy terlibat keributan dengan rombongan penunggang Harley Davidson di Bypass Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat malam, 27 Juli 2018.

Keributan bermula ketika Coy terhalang karena ada rombongan moge di depannya melaju dan menggunakan sebagian besar ruas jalan. Dia berhasil menyalip dari sisi kiri setelah di pertigaan. Tapi satu pengendara moge mengejar lalu terjadilah cekcok. Coy melawan dan sempat dikeroyok lebih dari satu pengendara moge itu. Video keributan itu terunggah di media sosial dan viral.