Cerita Jokowi dan Megawati Dapat Kado Spesial HUT RI di Papua

Jokowi dari Papua (kanan) bersama Direktur Pertamina Gigih Prakoso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hardani Triyoga

VIVA – Nama Joko Widodo mungkin saat ini melekat bagi sebagian warga Papua, terutama Jayapura. Presiden ke-7 RI itu punya banyak penggemar dari daerah Bumi Cendrawasih.

Salah satu cerita unik dari Papua karena bocah berusia 7 tahun bernama Kalvino Benzema atau akrab disapa Jokowi. Alasan dipanggil Jokowi karena bocah kelas 2 SD itu punya tanggal lahir yang sama dengan Presiden Jokowi, yaitu pada 21 Juni.

Setiap perayaan HUT RI 17 Agustus, Jokowi kecil ini populer di daerah kelahirannya, Kelurahan Imbi, Dok VIII, Distrik Jayapura Utara. Populer karena disorot sering dapat hadiah dari Wali Kota Jayapura hingga perusahaan BUMN.

"Ya karena nama panggilannya Jokowi toh. Lucu dan senang orang. Sering dikasih hadiah macam-macam dari Wali Kota pas 17 Agustus. Natal juga dapat kado," kata ibu kandung Jokowi, Novaru Karubaba (35) di Rumah Pintar Pertamina, Kelurahan Imbi, Jayapura, Jumat, 17 Agustus 2018.

Novaru menceritakan pejabat seperti Wali Kota Jayapura bisa menaruh perhatian kepada putranya. Saat kampanye Pemilihan Presiden 2014, Jokowi pernah mendatangi Jayapura. Saat itu, menurut dia, Jokowi terkejut karena ada anak kecil yang memiliki panggilan sama dengannya.

"Pak Jokowi pernah ketemu langsung sama saya dan anak saya ini. Sama adiknya yang dipanggil Megawati. Ya ,pas itu toh, jadi dikenal sama orang-orang," ujar Novaru.

Foto: Jokowi (berdiri) diapit Direktur Pertamina Gigih Prakoso. VIVA.co.id/Hardani Triyoga

Tak hanya Jokowi, berkah pun menghampiri adik perempuannya, Jessica (4). Kalau kakaknya beken dengan nama Jokowi, Jessica punya panggilan Megawati.

Uniknya, menurut Novaru, tanggal lahir Jessica sama seperti Presiden ke-5 RI itu, 23 Januari 2018. Seperti kakaknya, Megawati pun kerap dapat hadiah setiap peringatan 17 Agustus.

"Sama kayak adiknya ini, Megawati. Kalau Jokowi anak saya ke empat, Megawati anak saya kelima," tutur Novaru.

Baca: Melihat Serunya Tradisi Bakar Batu Barapen di Papua