Kesaksian Teman Dekat, Ustaz Abdul Somad Dicap Pancasilais

Ustaz Abdul Somad (UAS).
Sumber :
  • Instagram/@ustadzabdulsomad

VIVA – Salah satu teman dekat Ustaz Abdul Somad di Riau memberi kesaksian soal Ustaz Somad yang dikenalnya sejak lama. Tatang Yudiansyah yang pernah kuliah di tempat yang sama dengan Ustaz Abdul Somad atau UAS di salah satu IAIN itu mengatakan bahwa Somad justru adalah orang yang sangat nasionalis.

"Bahwa selama ini isu dan tudingan terhadap UAS ini keliru. Ustaz ini dibesarkan dalam lingkungan yang agamis dan nasionalis. Kami 1996 itu bukan hanya ospek tapi juga penataran P4. Pengamalan nilai-nilai Pancasila itu khatam kita," kata Tatang saat diwawancarai oleh tvOne, Kamis 6 September 2018.

Bahkan menurut dia, saat melakukan ceramah ke daerah pedalaman, tak jarang UAS memulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Bendera Merah Putih. Sayangnya hal tersebut kurang terekspos di publik.

"UAS sendiri bukan hanya berdakwah tapi juga menyanyikan lagu Indonesia Raya, bukan hanya itu tapi perilaku dan sikapnya sudah jelas dia Pancasila dan bukan anti-NKRI. Jadi itu enggak perlu dijawab lagi," kata Tatang.

Tatang mengaku terakhir bertemu dengan UAS pada kemarin usai UAS memberikan ceramah di Masjid Al Ikhlas di daerahnya. Setelah itu UAS sudah berangkat ke Sulawesi untuk memberikan tausiyah.

Hal tersebut disampaikan Tatang menanggapi adanya tudingan dan dugaan bahwa UAS cenderung tak nasionalis dan disebut-sebut memiliki afiliasi dengan organisasi anti-NKRI. Diketahui bahwa beberapa hari terakhir santer kabar pembatalan sepihak ceramah UAS di berbagai wilayah di Jawa dengan alasan yang dituliskan UAS dalam akun Instagramnya bahwa ada potensi ancaman. Namun soal adanya ancaman itu belum dijelaskan lebih rinci.