Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 8 September 2018 | 10:17 WIB

Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Foto :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo
Aksi Menentang Kekerasan Terhadap Jurnalis/Ilustrasi.

VIVA – Aliansi Jurnalis Independen atau AJI menganugerahkan lagi Udin Award, penghargaan kepada jurnalis maupun kelompok jurnalis profesional dan memiliki dedikasi pada dunia jurnalistik serta menjadi korban kekerasan.

Udin Award kali ini diberikan kepada Tempo Media untuk kategori kelompok jurnalis dan Heyder Affan, jurnalis BBC Indonesia, untuk kategori perorangan.

Baca Juga

Dalam siaran pers AJI yang diterima VIVA, sekurangnya tercatat 75 kasus kekerasan terhadap jurnalis sepanjang Agustus 2017 hingga Juli 2018. Bentuk-bentuk serangan intimidasi di ranah media sosial dan pengusiran mulai massif akhir-akhir ini. Bahkan kemudian melahirkan tindakan persekusi terhadap media dan jurnalis oleh kelompok yang tidak setuju dengan pemberitaan. 

Setiap kasus dianalisis secara mendalam dengan mempertimbangkan sisi profesionalisme, dedikasi pada dunia jurnalistik, dan kronologi kejadian. Dengan berbagai pertimbangan itu, dewan juri Udin Award akhirnya memilih Tempo Media dan Heyder Affan sebagai pemenang Udin Award 2018.

Tempo Media, menurut Dewan Juri, menerima serangan persekusi oleh kelompok Front Pembela Islam setelah menampilkan karikatur yang dianggap melecehkan pemimpin FPI, Rizieq Shihab.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Puluhan Wartawan di Jawa Timur Ikuti Rapid Test
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler