Bakrie Amanah Fokus Penuhi Kebutuhan Hunian Korban Gempa Lombok

Tim Bakrie Amanah memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok
Sumber :
  • Bakrie Amanah

VIVA – Bakrie Amanah, lembaga Amil Kelompok Bakrie, kembali bergerak untuk membantu warga Lombok yang terdampak bencana gempa. Kali ini, bantuan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan akan hunian yang lebih baik dan memadai dari tenda pengungsian ataupun tenda terpal. Hal itu dilansir dalam keterangan tertulis Bakrie Amanah, Kamis, 20 September 2018. 

Pemberian bantuan tersebut mengingat dalam tahap recovery dari gempa ini, sudah lebih dari dua bulan warga terdampak gempa tinggal di tenda pengungsian. Apabila warga sudah kembali ke rumah masing-masing akan mempercepat pemulihan psikologis dan pergerakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Pada 17-18 September 2018, Bakrie Amanah melakukan mapping lokasi di Dusun Serimbun Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan dan Dusun Kopang Desa Medana, Kecamatan Tanjung. Keduanya berada di wilayah adminstratif Kabupaten Lombok Utara.

Berdasarkan hasil pemetaan, pengumpulan informasi dan pengamatan wilayah serta Forum Group Discussion (FGD) bersama dengan Kepala Dusun  dan ketua RT disepakati sejumlah hal, yaitu :

1. Dusun Serimbun Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan
a. Saat ini, warga sudah banyak yang mendirikan rangka rumah di pondasinya masing-masing
b. Support material bangunan yang dibutuhkan adalah bilik dan atap spandek
c. Diputuskan untuk bantuan yang akan diberikan adalah kebutuhan sesuai dengan permintaan masyarakat

2. Dusun Kopang Desa Medana, Kecamatan Tanjung
a. Saat ini, warga tinggal di reruntuhan rumahnya dengan memanfaatkan sisa-sisa rumah
b. Belum ada lembaga pemerintah maupun lembaga sosial lainnya yang berkomitmen untuk membantu dalam program hunian sementara
c. Fasilitas umum dalam program Bakrie Tanggap di Dusun Kopang ada dan kondisi pada saat ini rata tanah
d. Untuk tahap pertama akan dibangun 20 unit rumah, 1 unit masjid/musala, 1 unit PAUD, TK dan 1 unit posyandu
e. Penerima manfaat program yang diutamakan adalah keluarga yang memiliki anggota keluarga lansia, bayi, balita dan ibu hamil pada trimester 3.

Sebelumnya, pada tahap 1 dan tahap 2, Bakrie Amanah fokus menyalurkan bantun logistik, layanan kesehatan dan trauma healing untuk anak-anak.