Wali Kota Makassar Sebut Anthonius Agung Pahlawan Bangsa

Jenazah Anthonius Gunawan Agung, personel Tower ATC AirNav Indonesia cabang Palu
Sumber :
  • M Yasir

VIVA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto melayat ke rumah duka Anthonius Gunawan Agung, personel Tower ATC AirNav Indonesia Cabang Palu, di Jalan Onta Baru No.45 Mamajang Makassar, Sabtu 29 September 2018.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota yang akrab disapa Danny ini menyampaikan duka mendalam kepada keluarga Agung. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Makassar, Danny mengaku ikut terpukul.

Ia pun memberikan apresiasi tinggi atas aksi heroik Anthonius Agung yang mengorbankan nyawa demi menyelamatkan penerbangan Batik Air. Menurutnya, tindakan Anthonius adalah sebuah heroisme yang luar biasa dan patut disebut pahlawan bangsa.

"Inilah sesungguhnya pahlawan, pahlawan bangsa. Beliau menyelamatkan pesawat untuk terbang. Dia memilih menyelamatkan pesawat untuk take off walaupun dia kehabisan waktu menyelamatkan diri," kata Danny.

Danny juga menyebut, sebuah pelajaran berharga diperlihatkan Anthonius melalui penyelamatannya. Walaupun berduka, ia mengaku bangga memiliki anak bangsa seperti Anthonius.

"Walau kita berduka, tapi terus terang saya sebagai Wali Kota Makassar bangga punya anak yang memperlihatkan heroismenya sekalipun nyawa dipertaruhkan. Dan saya kira Almarhum memberi kita banyak pelajaran tentang heroisme," sambung Danny.

Isak tangis mewarnai kepergian Anthonius Gunawan Agung. Keluarga tak kuasa menahan tangis melihat Anthonius telah berpulang.

Almarhum Anthonius Agung adalah personel yang bertugas di Tower ATC AirNav Indonesia Cabang Palu, Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie. Ia meregang nyawa demi menyelamatkan penerbangan pesawat Batik Air ID 6231 yang akan terbang dari Palu menuju Makassar saat terjadi gempa. (mus)